Breaking News

TwittBlog Template (Template Blogspot Mirip Twitter)

Perkembangan di dunia internet menuntut kita untuk selalu kreativ, inovativ, dan produktiv. Maraknya situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter menggugah para blogger di dunia maya ini bereksperimen menciptakan template-template yang mirip kedua situs jejaring sosial tersebut. Terlebih untuk blogspot, templatenya dengan format file (.xml) sangat mudah untuk dimodifikasi. Anda pernah melihat sebuah blog dengan tampilan mirip facebook seperti saat saya membuat artikel ini saya masih menggunakan template tersebut. Jika template facebook ada, maka tak mustahil template twitter pun ada. Seperti yang akan saya bagikan kali ini adalah template blogspot mirip twitter. Saat awal mula saya temukan template ini, saya merasa belum puas dengan fasilitasnya yang minimalis dan fitur yang kurang komplit. Akhirnya saya berinisiatif untuk memodifikasi template ini. Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya pada pembuat template ini, saya ucapkan banyak terimakasih atas jasa anda di dunia blogging ini. Anda perlu mendapat penghargaan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Fitur-fitur dalam template 'TwittBlog'

Sebelumnya saya perkenalkan template twitter ini saya kasih nama 'TwittBlog'. Bagi anda yang berminat dengan template ini, sebelumnya kenali dulu fitur-fitur menarik yang sudah saya bubuhi di dalamnya, diantaranya:

1. Template 2 kolom dengan right sidebar (sidebar di kanan) seperti twitter.

2. Pada bagian bawah (footer), saya tambahi 3 kolom agar mudah untuk meletakkan widget. Sebelumnya template ini tidak memiliki kolom di footer, sehingga sulit bagi kita yang ingin meletakkan banyak widget.

3. Modifikasi Readmore, kode readmore yang saya hapus deskripsinya. Membuahkan efek pada halaman awal hanya menampilkan judul posting saja, juga saat mengklik Label kategori. Sehingga template ini ringan saat loading.

4. Related Articles, atau artikel terkait sudah ada di bawah setiap postingan.

5. Judul posting berupa text shadow (teks berbayang) sehingga tampilan judul postingan kita terlihat indah. Atau jika anda ingin menulis text shadow pada kata tertentu, baca panduannya di sini

6. Gaya postingan seperti koran/majalah (drop cap). Dengan ini, blog kita terlihat lebih profesional. Untuk panduan menggunakannya, baca di sini

7. Form search (pencarian) artikel di blog anda, sudah ada di bagian atas sidebar.

8. System komentar dilengkapi dengan fasilitas reply (balas) seperti pada wordpress dengan bantuan Google friend connect. Untuk fitur ini, saya wajibkan anda membaca keterangannya di sini jika sudah paham tinggal hapus kode nya dan ganti dengan kode anda. Jika tidak suka dengan fitur ini, hapus saja kodenya secara permanen. Agar tidak ada pesan error di bawah postingan anda. Hapus kode berikut:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> <p>Silahkan Follow/Login dulu untuk berkomentar </p>
sampai dengan:
</script> </b:if>
sebelum kode: <span class='post-author vcard'>




Tidak ada komentar

Jika ada pertanyaan, sekedar sharing pendapat, dll, Silakan Isi komentar di bawah ini: