Breaking News

Menjadikan Blog Lebih Interaktiv Dengan GFC Answers

Anda tahu Yahoo Answers? Atau anda penggemar berat Yahoo Answers. Sudah tak asing lagi di dunia maya ini, fasilitas tanya jawab yang dikeluarkan oleh Yahoo ini membantu kita dalam menuangkan unek-unek atau sesuatu yang belum kita tahu dan menanyakannya pada semua orang di dunia ini. Namun, tahukah anda bahwa Google pun tak mau kalah. Bahkan bagi kita yang memanfaatkan blog terutama blogspot, dari mbah Google memberikan fasilitas seperti itu secara gratis. Sebenarnya untuk blog wordpress juga bisa memanfaatkan layanan ini. Tapi kali ini saya hanya membahas untuk blogspot.

Bagaimana sistem Answers ini bekerja pada blogspot?

1. Gunakan layanan dari Google Friend Connect (GFC). Kunjungi www.google.com/friendconnect
Bila sebelumnya anda belum mendaftarkan blog anda di sana, klik get started kemudian add site anda di sana. Jika sudah, langsung sign in dengan akun google anda.

2. Pilih blog anda pada sidebar kiri. Setelah itu klik 'Browse the gadgets gallery' (Ramban galeri gadget). Pilih 'all gadgets' untuk menampilkan semua gadget. Kemudian cari gadget 'Get Answers'. Setelah ketemu, klik 'get this gadget'. Silahkan lakukan setting sesuai selera anda seperti saat menyetting gadget comment yang pernah saya bahas. Jika sudah, klik 'Generate Code'.

3. Copy kode yang muncul di bawahnya. Kemudian, paste di element blogspot (Rancangan-->tambah gadget-->HTML/Javascript). Atau agar lebih luas, letakkan saja di postingan anda. Simpan.

Fitur-fitur yang dimiliki GFC Answers:

1. Form untuk menulis pertanyaan/jawaban. Akan muncul setelah member melakukan sign in di blog anda. Pastikan anda sudah membaca postingan saya seputar GFC, lihat linknya pada artikel terkait di bawah.

2. Post Answer, untuk memberikan jawaban dari pertanyaan member lain. Ini juga bisa dilakukan setelah sign in.

3. Recent, Berfungsi mengecek pertanyaan terbaru dari member.

4. Popular, mengecek pertanyaan terpopuler berdasarkan banyaknya answer/jawaban dari member lain.

5. My Questions, menampilkan seluruh daftar pertanyaan yang pernah anda tulis, tentunya tiap member akan berbeda jika mengklik ini.

6. Best Answers, jawaban member bisa menjadi jawaban terbaik apabila dipilih (vote) oleh banyak member lain. Akan terlihat dengan mengklik 'see answers' dibawah question/pertanyaan, kemudian jika ada jawaban yang menurut anda terbaik, klik 'vote for this'.

Semua sytem yang saya uraikan di atas, akan bekerja secara otomatis. Jadi anda tidak harus mengerti PHP+MYSQL. Semua diolah dalam management database Google. Silahkan coba di blog ini, klik 'Answers' di atas postingan. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar

Jika ada pertanyaan, sekedar sharing pendapat, dll, Silakan Isi komentar di bawah ini: