Breaking News

Memasang Sindikasi Berita Online Pada Blog Dengan Mudah

Berita-berita aktual, tajam, dan terpercaya. Kini bisa anda dapatkan dengan mudah. Di tengah kesibukan anda dalam beraktivitas, mungkin anda tak sempat untuk menonton berita lewat media televisi. Atau anda sungkan untuk berlangganan surat kabar tiap hari. Tapi mungkin di kantor kerja anda bisa online di internet. Atau setidaknya ponsel anda adalah teman online anda. Inilah fasilitas termudah anda dalam mengakses berita-berita yang terjadi di dalam negeri bahkan di luar negeri.

Tak heran bila sekarang internet menjadi sarana informasi nomor 1 di dunia. Hal ini memicu beberapa media surat kabar maupun elektronik membuat berita versi online nya lewat website yang mereka buat. Seperti Kompas, liputan6 sctv, radar cirebon dll. Seperti halnya menerbitkan surat kabar, merekapun selalu meng-update berita di websitenya setiap hari. Hal ini memberikan peluang emas bagi para blogger untuk melakukan sindikasi situs-situs berita tersebut dalam blog mereka. Dengan ini mereka dapat mengumpulkan judul dan cuplikan berita terbaru dari berbagai situs berita tanpa harus mengumpulkan satu persatu update berita setiap hari. Dengan membuat sindikasi feed dari situs berita, secara otomatis berita-berita terbaru akan terpampang dalam blog kita. Berapa jumlah berita yang ingin ditampilkan juga dapat kita atur sendiri. Anda bisa melihat contohnya di blog ini. Klik menu 'Berita Hari Ini' yang ada di samping.

Bagaimana para blogger, anda tertarik membuatnya? Mudah sekali. Berikut langkah-langkahnya:

1. Dapatkan url feed dari situs tersebut. Pada dasarnya setiap web/blog mempunya rss feed. Misal untuk blog saya, url feed nya http://azahidin.blogspot.com/feeds/posts/default.
Format Url ini berlaku untuk blogspot, untuk mendapatkan url feed dari situs lain, caranya dengan mengunjungi situs mereka. Misal:
News.okezone.com. Cari icon 'rss' atau gambar icon rss feed biasanya seperti ini: . Setelah terbuka, Catat url nya.

2. Gunakan bantuan dari situs yang bisa meng-extrak feed, saya sarankan gunakan layanan feedburner. Caranya: kunjungi feedburner.google.com. Login dulu dengan akun google anda. Setelah itu Masukkan url feed anda tadi pada form bertuliskan "Burn a feed right this instant. Type your blog or feed address here:" centang "I am a podcaster!". Kemudian klik 'Next' dan 'Next' terus jangan mengubah apapun sampai pada halaman bertuliskan 'Your feed is ready for the world' pada halaman itu klik 'Publicize'. Lalu pada halaman publicize, klik 'BuzzBoost', di situ lakukan pengaturan feed sesui keinginan anda. Setelah selesai di bagian bawah klik 'Activate'. Akan muncul kode script feed anda. Silahkan copy kode tersebut.

3. Memasang kode tersebut. Ada 2 cara: Bisa dengan cara otomatis, yaitu pada halaman terakhir feedburner tadi, di bawah kode script terdapat sebuah form pilihan, pilih blogger untuk memasangnya di blogspot, lalu 'Go' pada halaman berikutnya, pilih blog anda yang akan dipasang gadget tersebut, lalu klik 'menambah gadget'. Lihat hasilnya. Cara kedua adalah manual. Copy kodenya, lalu masuk ke blogger-rancangan-tambah gadget-HTML/javascript-paste di sana, simpan dan lihat hasilnya. Selamat mencoba

.

Tidak ada komentar

Jika ada pertanyaan, sekedar sharing pendapat, dll, Silakan Isi komentar di bawah ini: