Breaking News

Membuat Text Area Berwarna-Warni

T ext area sangat berguna khususnya bagi kita pengembang web atau blog, apalagi blog itu berisi tutorial yang mengharuskan kita memasang kode-kode script. Text area merupakan salah satu cara untuk menampilkan kode html pada postingan, meski sebenarnya bukan bentuk kode saja, melainkan text atau link pun bisa. Fungsi text area yang paling menonjol adalah memudahkan orang untuk mengcopy-paste text atau kode script yang kita inginkan serta mencegah terjadinya kesalahan dalam men-copy, karena text atau kode yang berada dalam text area ini seperti berada pada note pad. Hal ini lebih besar dirasakan manfaatnya bagi pengguna ponsel, karena text atau kode yang ingin dicopy tersebut ketika di-klik muncul seperti menulis SMS. Seperti kita tahu bahwa kelemahan browser untuk ponsel seperti opera mini 5 dan bolt browser, memiliki keterbatasan dalam melakukan copy-paste tidak seperti PC. Itulah sebabnya di blog saya ini kebanyakan tutorialnya memakai Text area, dengan harapan para blogger HP pun dapat dengan mudah menggunakannya.

Demikian seklumit penjelasan tentang Text area. Selanjutnya, seperti yang anda lihat pada beberapa tutorial di blog ini menggunakan text area yang berwarna-warni, kadang kuning, hijau, pink dsb. Walau mungkin menurut anda kurang menarik, tapi anda bisa mengotak-atik sendiri agar tampilannya lebih menarik lagi. Berikut kode text areanya, tapi mohon maaf kodenya saya tulis langsung(bukan dalam text area) karena khusus kode ini bila dimasukkan dalam text area akan terjadi double fungsi, jadi ada sedikit kode yang tidak muncul. Ini kodenya:

<form><textarea rows="3" cols="30" background-color="green" style="color: red; background-color: yellow; text-decoration: underline; border-style: dotted; border-color: blue">Text, link, script anda di sini </textarea></form>

Ini tampilan kode tersebut bila dipasang di postingan:
Ganti warna sesuka anda.

2 komentar:

Jika ada pertanyaan, sekedar sharing pendapat, dll, Silakan Isi komentar di bawah ini: