Breaking News

Memasang Komentar Facebook Untuk Update Status di Blogspot

F acebook memang saingan terberat Google saat ini. Dulu saya pernah posting tentang Google Jaringan Sosial/Google Friend Connect(GFC). Kelebihan dari GFC menyediakan banyak plugin/gadget yang disediakan untuk bisa di pasang pada blog khususnya blogspot. Termasuk fasilitas komentar yang bisa dipasang di bawah setiap postingan blog ataupun dijadikan sarana untuk update status seperti Facebook, juga masih banyak gadget lain yang menarik untuk para blogger maniak. Sekarang Facebook juga nampaknya tak mau ketinggalan, memanfaatkan nama besarnya yang sudah melambung tinggi di dunia maya ini, kini Facebook juga ikut-ikutan menyediaka plugin-plugin seperti GFC. Termasuk plugin andalannya Comment. Seperti tutorial GFC yang dulu, maka kali ini pun saya menjelaskan tutorial yang serupa. Masih seputar plugin comment, sebelumnya saya menerapkan plugin ini untuk mengganti kolom komentar default Blogger. sekarang plugin itu kita coba untuk menerapkannya sebagai sarana update status asli Facebook, namun bedanya tempat update status tersebut berada pada blog anda. Bagaimana sekilas gambaran tersebut menurut anda? jika anda tertarik, anda juga bisa dengan mudah memasangnya. Ikuti langkah-langkahnya:

1. Dapatkan ID-Aplikasi Facebook anda terlebih dahulu dengan cara membuatnya pada ling berikut Facebook Developers atau jika sebelumnya anda sudah pernah membuat aplikasi di facebook, tinggal siapkan saja saja ID-Aplikasinya.

2. Setelah itu, masuklah ke halaman Facebook plugin (fitur terbaru dari facebook), setelah login anda akan melihat banyak plugin yang hampir mirip dengan GFC. Untuk keperluan ini, anda pilih plugin Comments.

3. Masukkan ID-Aplikasi anda pada kolom Unique ID, Aturlah tinggi lebar kolom komentar yang akan anda buat, setelah selesai, klik Get code. Copy paste kode Xfbml yang muncul di salah satu gadget di blog anda.

4. Sebelum anda paste kode tadi, gantilah ID-APLIKASI dengan nomor ID facebook anda yang tadi didapat. Lalu simpan dan lihat hasilnya.

5. Tambahan, untuk pengaturan lanjut, anda bisa melakukannya pada tampilan dari plugin tadi di blog anda. Setelah login,Di bawah kolom komentar klik link Administer comment. Anda bisa menentukan sistem komentar anda bisa diikuti oleh semua orang tanpa logi facebook(anonimous), atau khusus untuk yang punya akun facebook saja.

Catatan: Setiap komentator dengan akun facebook di bog anda, maka secara otomatis komentar tersebut juga akan muncul di facebook anda sebagai status baru. Ini tentunya akan menguntungkan anda. Selamat mencoba.

2 komentar:

  1. Selamat malam.
    Terima ksih info'y. nanti saya akan coba.
    salam blogger.

    BalasHapus
  2. @beny m malam jg mas moga sukses...

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan, sekedar sharing pendapat, dll, Silakan Isi komentar di bawah ini: