Breaking News

Translate Bahasa Untuk Halaman Web/Blog Hemat Tempat

T ranslate bahasa sangat diperlukan sekali untuk halaman web/blog kita. Tujuannya jelas agar pengunjung web/blog kita tidak terbatas untuk orang dalam negeri saja, melainkan seluruh negara dapat membaca blog kita. Walaupun kita posting dengan Bahasa Indonesia, namun kita bisa menterjemahkannya kedalam bahasa-bahasa lain di dunia. Inilah pentingnya pemasangan fasilitas translate dalam blog kita. Dengan satu kali klik, semua halaman dapat langsung berubah bahasanya.

Dulu pernah saya posting tentang translate bahasa ini dengan tampilan logo bendera. Namun sayangnya tidak semua negara mengingat banyaknya gambar yang membuat loading jadi berat. Bagi anda yang belum memasang widget translate, kali ini saya kasih widget translate yang lebih komplit. Hampir semua bahasa ada di sini. Dan yang lebih penting lagi, widget ini tidak terlalu memakan tempat. Hanya berbentuk menu dropdown yang muncul pilihannya jika di-klik. Widget Translate ini sering banyak digunakan oleh para blogger. Jika anda ingin mencobanya silahkan copy-paste di blog anda. Untuk blogspot, letakkan pada gadget anda dimanapun anda suka (Rancangan-gadget baru-javascript/html). Berikut kode scriptnya:

<form action='http://translate.google.com/translate' method='get'><input name="u" id="url" value="http://url blog/web anda" type="hidden" /><select name='tl' style='background-color:white; color:blue;'><option value="ar" />Arabic<option value="bg" />Bulgarian<option value="ca" />Catalan<option value="zh-CN" />Chinese Simplified<option value="zh-TW" />Chinese Traditional<option value="hr" />Croatian<option value="cs" />Czech<option value="da" />Danish<option value="nl" />Dutch<option value="en" />English<option value="tl" />Filipino<option value="fi" />Finnish<option value="fr" />French<option value="de" />German<option value="el" />Greek<option value="iw" />Hebrew<option value="hi" />Hindi<option value="id" selected />Indonesian<option value="it" />Italian<option value="ja" />Japanese<option value="ko" />Korean<option value="lv" />Latvian<option value="lt" />Lithuanian<option value="no" />Norwegian<option value="pl" />Polish<option value="pt" />Portuguese<option value="ro" />Romanian<option value="ru" />Russian<option value="sr" />Serbian<option value="sk" />Slovak<option value="sl" />Slovenian<option value="es" />Spanish<option value="sv" />Swedish<option value="uk" />Ukrainian<option value="vi" />Vietnamese</select><input name="sl" value="ID" type="hidden" /><input name="hl" value="ID" type="hidden" /><input name="ie" value="ISO-8859-1" type="hidden" /><input value="Pilih Bahasa" style="background-color:white; color:blue;" type="submit" /></form>

Tidak ada komentar

Jika ada pertanyaan, sekedar sharing pendapat, dll, Silakan Isi komentar di bawah ini: