Breaking News

Memasang Google Translate Dengan Gambar Bendera Pada Blog

Internet merupakan media informasi dan komunikasi sedunia. Walaupun kita mempunyai website/blog yang berbahasa Indonesia, Mungkin saja pembaca kita bukan hanya dari dalam Negeri. Orang Jepang, Inggris, Belanda, atau bahkan orang Arab. Jika web/blog kita hanya berbahasa Indonesia, maka kemungkinan orang luar yang nyasar ke blog kita akan ambil langkah seribu (kabur). Lalu bagaimana agar mereka tidak jadi kabur, bahkan mereka betah mengunjungi blog kita? Salah satu cara yang terpenting adalah mereka harus mengerti bahasa blog kita. Sebab sebagus apapun artikel kita, kalau mereka tidak mengerti bahasanya maka akan sia-sia belaka. Agar orang-orang luar negeri mengerti bahasa kita, sediakan fasilitas translate bahasa di blog kita.

Seperti yang akan saya bahas kali ini adalah memasang traslate bahasa pada sidebar blog kita. Tutorial ini saya khususkan bagi pengguna blogsot. Tapi tidak menutup kemungkinan pengguna blog/website lainpun bisa menggunakannya. Tinggal masalah peletakannya saja disesuaikan. Google sebenarnya sudah menyediakan fasilitas ini. Kali ini pun tutorial saya tak jauh sumbernya dari Google translate. Namun kali ini saya buat yang berbeda dengan modifikasi yang dilakukan oleh seorang blogger yang terkenal yaitu Kang Rohman. Fasilitas translate ini menggunakan gambar bendera dari berbagai Negara yang cukup terkenal. Memang tidak semua Negara disertakan karena akan banyak memakan tempat di blog kita. Setidaknya bisa mewakili bahasa mereka termasuk bahasa no.1 di dunia yaitu Bahasa Inggris.

Saran saya agar blog anda maksimal diterjemahlan oleh Google translae, gunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai EYD. Untuk memasang Google translate di blogspot sangat mudah, Caranya:

1. Login ke blogger.com dengan akun anda

2. Klik rancangan, kemudian pilih Tambah Gadget

3. Pilih HTML/JavaScript, lalu masukkan kode berikut:



Berikut tampilan kode tersebut:
English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Tidak ada komentar

Jika ada pertanyaan, sekedar sharing pendapat, dll, Silakan Isi komentar di bawah ini: