Breaking News

Domain Gratis dan Praktis Dari Dot TK Untuk Blogspot

Anda butuh custom domain untuk blogspot anda? Mau yang gratis dan praktis, sebenarnya ada beberapa pilihan. Jika anda cari di google dengan kata kunci 'free domain/domain gratis' maka domain dari co.cc masih mendominasi pencarian. Namun masih sedikit pengguna blogspot yang menggunakan domain '.tk'. Entah karena namanya kurang gaya atau mereka kurang mengerti dalam menggunakannya. Tapi menurut saya, ini satu-satunya domain gratis dan praktis. Nama domain tidak ribet, hanya diakhiri .tk (www.namaanda.tk). Dan untuk dapat diakses tanpa www, sangat mudah. Tidak perlu melakukan ping blog seperti pada co.cc. Sehingga blogger hp pun bisa melakukan ini. Pastinya, proses pendaftaran maupun penerapan di blogspot lebih mudah dibanding co.cc. Saya sendiri jika tahu dari awal, ingin menggunakan domain ini. Tapi sudah terlanjur pakai co.cc. Baiklah, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke situs www.dot.tk
2. Pilih menu 'web domain' di bagian atas, lalu masukkan nama domain yang anda inginkan, misal: 'ujicobasite'. Cek ketersediaan. Jika tersedia (available), lanjutkan dengan proses pendaftaran. Pilih free domain, lalu next.
3. Tahap berikutnya anda diminta untuk memasukkan url blog anda, misal: http://azahidin.blogspot.com. Kebawahnya isi email anda(harus valid), dan isikan verifikasi kata yang terlihat, lalu next.
4. Selanjutnya anda harus membuat akun. Cuma mengisi username dan password saja. Lalu next. Sampai di sini domain anda sudah jadi, tapi belum siap dipakai.
5. Cek email anda, bila tidak ada periksa di folder spam. Pada email terdapat kode aktivasi, catat kode tersebut. Lalu klik link konfirmasi di bawahnya. Setelah link terbuka, masukkan kode aktivasi anda di sana.
6. Agar domain anda menjadi inti yang menyatu di seluruh postingan, lakukan pengaturan DNS. Caranya, silahkan login ke dot.tk. Kemudian pilih 'My Domains' di sidebar kiri. Klik tanda '+' agar submenunya tampil. Pilih 'List my domains'. Setelah itu akan muncul nama domain yang anda buat tadi. Klik 'modify' di sebelah kanan.
7. Pada halaman selanjutnya, pilih type konfigurasi. Anda pilih 'Use Dot TK Free DNS service. Klik configure.
8. Di bawahnya, pilih Type=CNAME
Host Name=namadomain anda berikut www, misal: www.ujicobasite.tk.
IP Adress=ghs.google.com.
9. Agar domain anda dapat diakses tanpa www, anda harus menambah records di bawahnya. Klik 'Add another hostname'.
Type=A
Host Name=domain anda tanpa www, misal: ujicobasite.tk.
IP Adress=216.239.32.21
lalu ulangi lagi langkah tersebut dengan menekan add another hostname sampai 3X dengan IP Adress berbeda yaitu:
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
Sehingga seluruhnya anda mempunyai 5 zona records. Lalu klik next.


. Selesai, domain anda siap digunakan.

Memasang Domain Anda di Blogspot

Untuk memasang domain anda di blogspot, caranya:
1. Login ke blogger, pilih 'pengaturan'. Lalu pilih 'publikasikan'.
2. Klik berpindah ke 'domain ubah suaian'.
3. Di sebelah kanan, klik 'pengaturan lanjut'. Lalu isikan nama domain anda tadi berikut www. Isi verifikasi kata, dan simpan pengaturan. Setelah pengaturan berhasil disimpan, akan muncul redirect dari domainanda.tk ke www.domainanda.tk. Centang pada kotak button di sampingnya. Lalu kembali isi verifikasi kata, dan simpan pengaturan. Selesai. Tunggu kurang lebih 10-30 menit. Lalu silahkan coba buka blog anda dengan domain baru, baik dengan www maupun tanpa www bisa diakses. Laporkan keberhasilan/kegagalan anda dengan mengisi komentar di bawah, atau di buku tamu sebagai member kami. Ayo bergabung dikomunitas 'FunBlog' dapatkan info menarik lainnya.

3 komentar:

  1. aku cobain dulu di blog baruku ya mas, thanks infonya :)

    BalasHapus
  2. memang sebaiknya anda tes dulu pada blog percobaan anda. Bila benar2 berhasil, silahkan lakukan di blog utama anda. Saya sudah mencobanya di blog lain. Kunjungi http://nurulimankita.tk

    BalasHapus
  3. hahaha . . . udh bisa mas, thanks banget :D
    ini blognya klo pengen mampir :D
    http://justanotherblogger.tk

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan, sekedar sharing pendapat, dll, Silakan Isi komentar di bawah ini: