Breaking News

System Komentar Baru Dari GFC Untuk Blogspot

Komentar blogspot membosankan anda? Ingin membuat komentar blogspot anda bisa di-reply? Sebenarnya sudah 3 kali saya membahas tentang hal ini. Meski diantara ketiganya ada salah satu yang nyaris sempurna yaitu System komentar dari Intensedebate, namun berdasarkan uji coba saya dan laporan pengunjung ternyata script intensedebate memiliki efek negatif. Pada beberapa template malah membuat loading jadi lelet bahkan tidak terbuka sama sekali. Tergantung templatenya juga sih. Sekarang ada alternatif lagi untuk membuat komentar blogspot anda bisa di-reply yaitu 'System komentar dari Google friend connect (GFC)'. Dalam hal ini, untuk membuatnya tentu anda harus sudah terdaftar dalam situs Google friend connect. Baca panduannya di sini.
Baiklah setelah anda mengerti, kita mulai. Gadget 'Comment' dari GFC tersebut ternyata bisa kita letakkan di bawah setiap posting blogspot. Namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan:

1. Non aktivkan komentar default dari blogspot agar tidak terjadi double comment. Caranya, login ke blogger-pengaturan-komentar-pilih sembunyikan lalu simpan pengaturan.

2. Pilih scope/bidang: "page". Kenapa harus page? Karena anda akan membuat komentar berbeda di tiap halaman postingan. Jika anda memilih 'entire site', maka komentar anda akan sama. Artinya jika seseorang menulis komentar di satu postingan, maka dipostingan lain pun akan tampil.

3. Atur width/lebar komentar sesuai dengan kolom postingan template anda. Hal ini dimaksudkan agar tampilannya serasi. Caranya, pada edit html cari 'main-wrapper' kemudian biasanya dibawahnya ada keterangan width:... Misal width: 500px, maka anda membuat lebar komentarnya pun 500px.

4. Izinkan anonimous(pengguna tanpa akun)? Sebaiknya jangan di centang(non aktivkan) karena jika diaktivkan maka semua orang bebas berkomentar tanpa kita ketahui. Oleh karena itu kita non aktivkan agar kita dapat mengontrol lalu lintas komentar yang masuk.

5. Pilih satu gadget lagi dari GFC yaitu "Activities". Gadget ini berfungsi menampilkan semua aktivitas member anda termasuk member yang menulis komentar di blog anda. Pasang di sidebar atau di kolom postingan anda.

6. Pasang kode komentar yang anda dapat tadi pada template anda. Caranya, cari kode:
<div class='post-footer-line post-footer-line-1'>
Kemudian letakkan kode komentar GFC anda tepat di bawah kode tersebut. Untuk sistem komentar ini biasanya akan ikut nampak di bawah postingan terakhir anda di halaman depan. Jangan takut, solusi menghilangkannya adalah tambahkan kode berikut tepat di atas kode komentar GFC anda:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> . Simpan template dan lihat hasilnya. Moga berhasil. Nantikan artikel menarik lainnya seputar GFC hanya di FunBlog (azzahid.co.cc). Terimakasih atas kunjungan anda, jangan lupa gabung di komunitas kami.

1 komentar:

  1. Thanks, Gan, postingannya sangat aktual dan tipini segera ane gunakan. Btw, ane langsung follow Agan, mohon follow balik ya Gan..thanks

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan, sekedar sharing pendapat, dll, Silakan Isi komentar di bawah ini: