Breaking News

Membuat Tombol Reply Pada Komentar Blogspot

S ystem reply komentar sudah biasa dalam blog wordpress, karena secara default dari pihak wordpress sendiri sudah menyediakan fasilitas ini. Tapi untuk blogspot, belum tersedia. Hal ini bukan berarti blogspot kalah dibanding wordpress. Memang, wordpress bisa didesain persis seperti web, karena bisa diinstall di berbagai hosting baik gratisan atau berbayar. Tapi kelemahannya susah digunakan oleh orang awam seperti saya ini. Tampilan template juga tidak bisa diganti oleh sendiri, melainkan lewat situs hostingnya. Jika dalam blogspot, hal ini sangat mudah sekali, bahkan orang yang baru mengenal blogpun pasti bisa. Berbagai template blogger tersedia dimana-mana. Dengan bermacam corak tampilan, dari mulai yang standard sampai yang profesional bergaya website pun bisa. Berbagai widget menarik ala web juga dengan mudah dipasang di side bar atau footer, Termasuk masalah komentar, untuk membuat tombol reply seperti wordpress itu bisa dengan sedikit tambahan kode pada template. Meski hasilnya tak sesempurna wordpress, karena form reply komentarnya berada pada halaman lain, dan hasil reply nya tidak berada tepat di bawah yang dikomentari, namun berada pada urutan bawah. Namun ini sudah cukup untuk memenuhi fungsi membalas komentar pada orang tertentu dengan tanda komentar tujuan memakai '@nama komentator/nomor IDnya'. Sudah mewakili tujuan kemana komentar tersebut ditujukan. Bagi yang ingin membuatnya, silahkan ikuti langkahnya:
1. Login ke blogger
2. Masuk ke edit html
3. Cari kode <dd class='comment-footer'>
4. Letakkan kode berikut tepat di bawahnya:

Ganti Blog ID, dengan no.blog id anda. Cara mengetahui Blog ID, yaitu: buat postingan baru, ketika pada form posting, lihat url nya. Di belakang url tersebut ada no. Blog ID anda. Simpan template. Lihat hasilnya yang menakjubkan. Selamat mencoba dan selamat berpuasa di bulan ramadhan ini. Semoga amal ibadah kita diterima disisi Allah SWT. amin.

6 komentar:

  1. Jika anda ingin tahu tampilan dari tutorial di atas, klik tombol reply di bawah ini. Dan pastikan anda tidak menghapus blog ID saya yang muncul pada form komentar. Tulis saja di bawahnya.

    BalasHapus
  2. God job and i like it

    BalasHapus
  3. @< a href= "#c455208113421881921">Azahidin
    Pengen juga nyoba. Tapi pake hp bsa ga kang?

    BalasHapus
  4. hai semua...Merdeka :i:

    BalasHapus
  5. mantap jgn lupa kunjungi ke blog baru saya...
    http://mas-debby.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. Mksih infonya jgn lupa kunjugni balik gan...

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan, sekedar sharing pendapat, dll, Silakan Isi komentar di bawah ini: