Breaking News

Membuat Read more dan Related articles (atasi masalah)

Read more (baca selengkapnya) dan Related Articles (artikel terkait) sepertinya sebuah keharusan dalam sebuah web/blog. Tanpa itu terkesan kurang sempurna. Jelas saja, keduanya bukan sekedar hiasan pandang, tapi besarnya manfaat dari fasilitas tersebut. Template bawaan blogger belum mensupport keduanya. Maka cara lain kita gunakan kode script dari pihak lain. Sejauh ini banyak template modifan orang yang menyediakan fasilitas itu. Selama ini saya berselancar di google. Ada beberapa template yang sudah menyediakan fasilitas itu. Seperti Ar-Skin, Red-H template blogger. Saya gunakan dulu sebelum template sekarang. Tapi akhirnya saya bosan juga karena tampilannya terlalu sederhana, hanya dua kolom saja. Akhirnya saya coba cari yang lain. Namun timbul masalah. Ada yang tampilannya mewah, tapi fiturnya kurang lengkap. Kadang ada read more tapi tidak ada related articles, atau sebaliknya. Saya mulai mencari tutorial untuk melengkapi fitur tersebut. Banyak tutorial tentang pembuatan read more dan related articles. Tapi intinya semuanya sama. Contoh kasus:
Saya punya template sudah ada read more nya, tapi related article nya tidak tersedia. Lalu saya cari tutorial membuat related articles otomatis. Setelah dapat. Katanya saya harus menempatkan kode itu di bawah <data:post.body/> atau <p><data:post.body/><p>. Setelah itu di save. Apa yang terjadi? Template tidak bisa terpasang. Apa yang salah dengan tutorial itu. Oh, ternyata baru sadar template saya sudah ada read more nya. Jadi kodenya ada dua. Lalu pada tutorial lain menyebutkan, jika template sudah ada read more nya, letakkan pada kode <data:post.body/> yang pertama. Lalu di save lagi, dan... Erorr lagi. Pusing jadinya. Akhirnya saya temukan solusinya, yaitu dengan mempelajari posisi kode read more dan related articles pada template Red-H dan template lain. Alhasil, saya temukan jawaban. Ternyata kedua kode tersebut saling menyambung. Coba pahami:
Kode Read more ada 2, yang pertama letakkan di bawah </head> ada juga yang di atas. Coba dulu di bawahnya (saya sudah mencobanya dan berhasil), jika gagal, letakkan di atasnya. Berikut kode Read more pertama Lihat di sini Kode kedua adalah mengganti posisi kode <data:post.body/> bawaan template yang sudah dihapus terlebih dahulu. Tapi kodenya saya gabungkan dengan kode related articles Kodenya Lihat di sini
Letakkan kode itu di bawah <div class='post-bodyentry-content'>. Simpan template.
Ket: pada kode <data:post.body/> yang kedua adalah batas akhir readmore diakhiri </b:if> kebawahnya adalah kode related articles. Coba saja, pakai hp juga bisa dengan mengedit template dengan text editor.

Tidak ada komentar

Jika ada pertanyaan, sekedar sharing pendapat, dll, Silakan Isi komentar di bawah ini: